Home · Renungan · Kehidupan Kristen · Anak Kristen · Perayaan Kristen · Sejarah Kristen · Katolik ·

Memiliki Iman Yang Nyata

Renungan Harian M4JChrist -- Kamis, 16 April 2015
MEMILIKI IMAN YANG NYATA

Baca: Yakobus 2:14-17

Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati. (Yakobus 2:17)

Memiliki Iman Yang Nyata - Siklus banjir lima tahunan yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya merupakan kondisi yang terus memprihatinkan. Pada akhir 2007, ketika saya masih menjadi mahasiswa di STT Jakarta, banjir besar itu datang. Beberapa aktivitas saat itu pun tidak dapat berjalan semestinya. Kami selaku mahasiswa terpanggil untuk melakukan aksi tanggap bencana. Salah satu yang ingin kami lakukan adalah mendirikan posko pengungsian banjir di daerah Jatinegara, Jakarta Timur. Tempat itu ditujukan sebagai dapur umum dan tempat pengungsian. Awalnya tidak banyak yang mendukung keinginan kami, bahkan gereja yang kami rencanakan sebagai tempat posko banjir menolak kami. Mereka takut para pengungsi hanya akan merepotkan dan tidak akan terpelihara dengan semestinya selama masa mengungsi. Namun, melalui pimpinan Tuhan dan perjuangan bersama, akhirnya tempat tersebut dapat digunakan sebagai pengungsian warga bantaran kali Ciliwung.

Kepada dua belas suku Israel di perantauan, Yakobus dalam suratnya memberikan nasihat bahwa beriman saja tidaklah cukup. Iman semestinya diwujudkan dengan perbuatan. Bagi Yakobus, iman yang hidup adalah iman yang diwujudkan dengan tindakan-tindakan yang memberikan dampak. Adalah sia-sia jika seseorang mengatakan bahwa dirinya beriman, tetapi hanya sebatas di mulut saja tanpa diwujudkan dengan aksi di dalam perilaku sehari-hari.

Hidup yang kita jalani ini tidaklah panjang. Apakah karya pelayanan nyata yang telah kita lakukan? Sebagai orang percaya, kita selaku pribadi dan persekutuan perlu senantiasa belajar seperti Yesus, yang tidak hanya cakap mengajar, tetapi juga menjadi teladan di dalam perilaku-Nya.

1. Apa yang dimaksud Yakobus dengan “iman yang mati”?
2. Apakah Anda telah mewujudkan iman Anda di dalam kehidupan sehari-hari?
Pokok Doa: Kaum muda memiliki iman yang hidup.
Dikutip dari Renungan Kaum Muda (yfc) edisi Kamis, 16 April 2015
Renungan Harian M4JChrist -- Melayani, Mengasihi, Mengampuni, dan Memuliakan Tuhan

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Memiliki Iman Yang Nyata"

Post a Comment